KPK Vs Polri: PDIP Bakal Terpojok Jika Lawan Opini Publik

62

Bisnis.com, JAKARTA–Sekalipun diterpa berbagai isu mengenai keterlibatan Megawati dalam pemilihan Budi Gunawan sebagai calon Kapolri, fungsionaris PDI Perjuangan tetap membantah ada intervensi Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dalam penentuan Budi Gunawan sebagai calon Kapolri.

Ketua Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Pusat DPP PDIP Arteria Dahlan menyatakan Budi Gunawan adalah figur yang paling cakap di antara seluruh calon Kapolri.

“Itu juga sudah diakui oleh DPR. Peran PDIP hanya memberi rekomendasi. Kami berharap kedua lembaga itu dipimpin oleh figur yang bersih,” katanya Dalam Disuksi Bulanan Forum Alumni Aktivis Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI), Minggu (1/2/2015).

Ketua Presidium Forum Alumni Aktivis PPMI Agung Sedayu mengatakan Presiden semestinya lebih tegas dan segera mengambil langkah penyelesaian konflik KPK dan Polri.

Pasalnya, banyak pekerjaan penegakan hukum oleh KPK maupun Kepolisian terlantar karena kedua intitusi itu sibuk saling serang. “Konflik KPK dan Polri telah menodai 100 hari kinerja Jokowi-JK dalam pemberantasan korupsi dan penegakan hukum,” kata Agung.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Riset Akbar Tanjung Institute (ATI) Alfan Alfian mengatakan saat ini Joko Widodo telah membuat labirin politiknya sendiri. “Jokowi harus mampu keluar dari labirin yang dia ciptakan sendiri,” katanya.

Salah satu solusi yang dia tawarkan adalah Joko Widodo melakukan rekonsiliasi politik dengan partai pendukung, “Meski itu tidak mudah,” ujarnya. Cara lain adalah adalah meminta Budi Gunawan untuk mengundurkan diri.

Di sisi lain, ahli hukum tata negara Refly Harun mengatakan bahwa kontelasi politik saat ini akan langsung berdampak pada PDIP. Karena itu partai berlambang banteng moncong putih mesti hati-hati dalam bersikap, termasuk memaksakan kehendak pada presiden.

“Justru PDIP yang terpojok jika memaksa melawan opini publik. Dari aspek hukum, politik, dan opini publik, yang paling aman adalah Jokowi tidak melantik Budi Gunawan,” katanya. (Arys Aditya)

BERIKAN KOMENTAR

POPULER SEPEKAN

Indonesia adalah Negara yang memiliki 659 suku bangsa. Pun beragam dari segi agama dan kepercayaan. Indonesia Plural sejak awal. Realitas...

Pagi ini (Rabu, 27/6/2018) saya lebih bergairah karena Argentina semalam menang. Bahkan siaran ulang pagi tadi masih kunikmati kembali gol...

Setiap tanggal 1 Juni, ingatan kita terlintas visual seekor burung garuda bernama Garuda Pancasila, mengenakan perisai di dada yang berisi...

Publik dibuat terkejut ketika majalah pers mahasiswa Lentera Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga ditarik peredaraannya oleh rektorat dan polisi pada...

Sang Penari adalah film yang disutradarai oleh Ifa Isfansyah, dirilis pada 10 November 2011. Film berdurasi 111 menit ini terinspirasi...