Rayakan Hari Perempuan Internasional dengan Berdiet!

225
Tiga Perempuan, Lukisan Hendra Gunawan. Sumber: artvalue

“Haiii kamu kok sekarang gemukan sih,”

Pernahkah Anda dapat sapaan khas seperti itu dari seorang kawan? Entah bertemu di suatu jamuan dan tidak sengaja berpapasan di lift atau di pusat perbelanjaan? Gimana rasanya? Baper nggak? Gimana kalau ditanya begini: “Hai kamu sekarang langsingan yaa” Muka tersipu-sipu gak? Lebih suka yang mana hey ladies?

Siapa yang tidak suka mendapati pertanyaan kedua? Pertanyaan selanjutnya pastilah seputar bagaimana tips menurunkan berat badan alias diet. “Hey kamu pakai diet apa, bagi-bagi dong tipsnya” Begitulah dan kita sudah harus siap membagi tips diet yang sudah berhasil membuat teman-teman kita memuji penampilan kita.

Pernah melakukan diet? Diet apa saja yang sudah dilakukan? Bagaimana hasilnya?

Jadi perempuan era sekarang banyak sekali tuntutan, baik ketika ia masih lajang maupun saat menikah. Salah satu ‘tuntutan’ yang mau tidak mau atau suka tidak suka adalah soal bentuk tubuh ideal, terlebih bagi perempuan yang  sudah pernah melahirkan. Lalu dipilihlah banyak cara yang terkadang tak hanya menguras dompet, bahkan tidak jarang yang sampai berani mengambil beragam risiko yang muncul karena diet tak tepat.

“Duh lihat deh itu selebgram, abis lahiran kok cepat banget langsingnya,” atau aksi selfie seleb facebook “Duh cocok banget pakai baju model begitu, pas dengan bentuk tubuhnya kalau aku yang pakai gimana ya”. Demikian dunia maya pun punya kontribusi bangunan yang ideal atas pencapaian tubuh perempuan yang diterima banyak orang.

Untuk mendapatkan berat badan seimbang dan perut langsing, umumnya perempuan melakukan berbagai macam diet. Mereka harus menahan diri terhadap makanan-makanan enak selama berhari-hari. Mulai dari makanan berlemak, berkafein dan bertepung. Duh makanan enak semua itu, bisa gak ya, bisa gak ya… (itung kancing).

Tak bisa dimungkiri, sebagian besar perempuan cenderung kurang percaya diri dengan kondisi tubuh yang kurang ideal. Sehingga mereka akan berusaha keras melakukan diet tanpa pengetahuan yang memadai tentang diet yang baik dan sehat bagi tubuh.

Jenis dan ragam diet mulai bertebaran menggoda perempuan, mulai cara instan konsumsi obat-obatan diet yang diklaim aman hingga menjadikan diet sebagai bagian gaya hidup. Yah, kita diet tak semata lagi soal berat badan tapi masuk jajaran sosialita karena menjadikan diet sebagai bagian gaya hidup.

Pilh Diet Sesuai Kebutuhanmu, Dietmu Gayamu

Diet gaya hidup yang pertama kita kenal dengan Food Combining (FC), salah satu metode yang dipopulerkan oleh pakar kuliner Wied Harry dan dikampanyekan oleh Erikar Lebang.  Prinsip besar FC adalah mengurangi karbohidrat dengan mensubtitusi buah dan sayur. Semisal untuk pagi disarankan sarapan buah dan siang perbanyak asupan sayuran.

Belum selesai nge-FC –istilah kerennya- perempuan ditawarkan lagi dengan pola diet yang lebih mudah bernama: Diet Akhir Pekan, wih apapula diet macam ini.

Aturannya,  agar mendapat berat badan impian Anda, maka lakukan diet rendah kalori dimulai di Sabtu pagi dan berakhir Minggu malam. Dengan diet ini kita diiming-imingi  bisa kehilangan 2-3 kg lemak di tubuh dan mendapatkan perut yang rata. Hati-hati tidak disarankan melakukan lebih dari dua hari untuk kesehatan.

Lalu, pernahkah Anda mendengar Diet Golongan Darah? Ternyata masing-masing golongan darah punya peraturannya mengenai makanan apa yang dapat dikonsumsi dan olah raga apa yang paling efektif. Mari kupas satu per satu program diet yang diciptakan oleh Peter J. D’Adamo ini.

Golongan darah A: Memiliki sistem imun yang sensitif, oleh karena itu pemilik golongan darah A harus menghindari daging. Mereka disarankan konsumsi buah dan sayuran segar, kacang-kacangan, dan gandum utuh.

Golongan darah B: Tidak disarankan untuk konsumsi jagung, gandum, kacang-kacangan, tomat, dan daging ayam. D’Adamo lebih menyarankan sayuran hijau, telur, dan ikan.

Golongan darah AB: Menurut D’Adamo, pemilik golongan darah AB harus menghindari kafein, alkohol, dan rokok. Makanan yang disarankan adalah tofu, seafood, dan sayuran hijau.

Golongan darah O: Menurut D’Adamo golongan darah ini rawan terkena penyakit pencernaan, oleh sebabnya makanan yang dianjurkan haruslah yang kaya protein dan serat seperti sayur, kacang-kacangan, keju, susu, dan ikan.

Namun masih banyak perdebatan mengenai efek diet golongan darah. Penelitian yang sudah ada mengatakan bahwa diet golongan darah tidak memberikan manfaat signifikan bagi mereka yang menjalankan. Program diet ini tidak mengajarkan kepada mereka yang menjalankan tentang arti gaya hidup sehat yang sesungguhnya, karena mereka hanya mengikuti apa yang sudah tertulis tentang masing-masing golongan darah. Nah kan, mulai galau!

Mau diet tapi tetap ada aturan boleh makan banyak? Namanya adalah Eat Clean Diet. Program diet yang dicetuskan oleh Tosca Reno ini memungkinkan Anda makan banyak, dengan catatan makanan tersebut tidak melewati masa proses apapun. Sebagai contoh, Anda bisa makan tomat, tapi harus menghindari saus tomat. Menurut Tosca, makanan yang sudah diproses pasti ditambahkan bahan kimia seperti pemanis buatan dan pengawet. Diet ini juga menganjurkan Anda untuk minum minimal delapan gelas air per hari.

Jenis diet ini juga memiliki banyak variasi menu vegetarian. Tosca juga mengatakan bahwa ada banyak makanan sumber protein yang bukan berupa daging seperti kacang polong, kacang kedelai, telur, serta quinoa (sejenis tanaman biji-bijian).

Kelemahan dari diet ini adalah biaya yang harus Anda keluarkan cukup tinggi, karena bahan makanan organik, minyak rendah kolesterol, dan daging pilihan harganya lebih mahal. Tuh kan giliran yang enak, ngeluarin kocek juga gak sedikit kan!. Gimana masih mau lanjut?

Jangan putus asa masih ada tawaran diet menarik yang sudah teruji. Namanya adalah diet General Motor (GM). Lho kok? Iya memang pertama kali digagas khusus untuk para pegawai di perusahaan General Motors, Amerika Serikat.

Program diet 7 hari ini diuji lapangan oleh John Hopkins Research Center dan dirancang untuk menurunkan berat badan sekitar 5-8 kg dengan aman dalam satu minggu. Diet GM juga bersifat detoksifikasi serta memperbaiki pola makan serta emosi.

Diet GM merupakan program diet selama 7 hari penuh dengan menu jenis makanan yang berbeda setiap harinya. Selama masa diet harus minum air putih minimal 10 gelas setiap hari dan tidak minum alkohol selama program diet berlangsung. Berikut bocoran menu per hari selama 7 hari:

– Hari pertama: buah-buahan, kecuali pisang.
Di hari pertama ini hanya dibolehkan makan buah-buahan. Buah apa saja kecuali pisang. Boleh makan hingga kenyang. Sangat disarankan makan lebih banyak buah melon dan semangka.

– Hari kedua: sayur-sayuran.
Sayur apa saja baik mentah maupun matang. Bisa dimasak tumis, sup atau rebus. Dibuat pecel juga boleh asal bumbu kacangnya terbatas. Tidak ada batasan jumlah ataupun tipe sayuran dan boleh makan hingga kenyang.

– Hari ketiga: sayur dan buah.
Di hari ketiga bisa mencampur menu sayuran dan buah-buahan. Tidak ada batasan jumlah dan boleh sebanyak yang diinginkan. Tetapi tetap tidak boleh makan buah pisang.

– Hari keempat: pisang dan susu.
Di hari keempat konsumsi pisang sejumlah 8 buah pisang serta 3 gelas susu. Tidak konsumsi jenis makanan lain. Bila Anda alergi terhadap susu sapi (Lactose intolerance), bisa diganti dengan susu kedelai. Bila Anda tidak suka makan pisang, bisa diganti dengan jambu biji matang, buah kiwi, atau melon.

– Hari kelima: daging atau fillet ikan dan tomat.
500 gr daging sapi dan 6 buah tomat menjadi menu utama di hari kelima. Daging hamburger atau meal ball dibolehkan. Tingkatkan konsumsi air putih untuk membersihkan sistem pencernaan. Daging sapi bisa diganti dengan daging ayam tanpa kulit atau tempe bagi yang vegetarian. Bila Anda tidak suka tomat ganti dengan belimbing manis.

– Hari keenam: daging atau fillet ikan dan sayuran.
Di hari keenam boleh memakan kombinasi sayuran dan daging atau ikan (file) dalam jumlah yang tidak dibatasi.

– Hari ketujuh: beras merah, jus buah, dan sayuran.
Di hari terakhir diet mulai kembali ke pola makan yang biasa dengan menu beras merah, jus buah serta sayuran. Cara ini cukup Anda lakukan sekali sebulan. Diet GM bisa menjadi salah satu solusi untuk mereka yang butuh diet dengan penurunan berat badan secara cepat tanpa harus mengkhawatirkan rasa lapar atau bosan karena diet yang monoton. Menarik nggak yang ini?

Sudah selesai? Belum, masih ada lagi metode klasik yang menggunakan hypnoterapi sebagai dasar diet. Ya, Hypnobeauty. Seperti apa lagi coba diet ini, bikin jadi cantik kah?

Terapi ini didasari oleh hipnoterapi merupakan program bagaimana berkomunikasi  dengan pikiran bawah sadar. Sementara hypnolangsing adalah program penurunan berat badan menggunakan metode hipnoterapi dan Neuro Linguistic Programming (NLP) secara ilmiah.

NLP merupakan  metode mempelajari bagaimana manusia berpikir dan menjalani kehidupan. Penjelasan sederhananya yaitu bagaimana cara seseorang meniru orang lain yang telah sukses dalam segala pengalamannya, seperti menurunkan berat badan itulah misalnya.

Seorang master hypnolangsing, Juli Triharto dalam bukunya The Secret of Slimming Hypnolangsing memberikan catatan penting: “Semangat yang besar untuk langsing saja tidak cukup. Perlu kemampuan pikiran bawah sadar untuk mengimajinasikan tubuh ideal seperti yang ingin Anda capai, dan simpan imajinasi tersebut dengan baik dipikiran bawah sadar Anda sebagai target pribadi Anda.” OMG, mau langsing aja sugestinya sampai begini luar biasa, fiuh…

Juli  meyakini bahwa program tersebut dapat membantu Anda untuk menghentikan obsesi terhadap makanan atau ngemil serta menghentikan makan secara emosi, menaikkan metabolisme tubuh, menambah motivasi untuk berolah raga, dan dapat mengatur ‘kondisi perasaan’ menjadi lebih baik terhadap diri sendiri. Nah ini, butuh kalau sudah menyangkut kondisi perasaan.

Sebelum mengikuti program tersebut ada tiga hal penting agar program tersebut berhasil. Pertama, jangan padukan program ini dengan program diet yang lain, kedua jangan menghitung-hitung kalori dan ketiga jangan pernah biarkan tubuh dilanda rasa lapar.

Ketika Anda tidak mampu melakukan lima langkah tersebut, kegemukan justru melanda tubuh Anda. Kata ‘gemuk’ dalam pikiran pun dapat berdampak berbeda dengan kata ‘langsing’.

Epilog

Memilih tipe diet sama seperti memilih jodoh, eh pakaian: mana yang cocok dengan Anda itulah yang Anda ambil. Tidak perlu memaksakan menjalani diet yang menyiksa dan pastikan agar selalu melakukan diet bersamaan dengan olahraga. Jika Anda hanya melongkap jadwal makan dan tidak membakar kalori yang ada dalam tubuh, rasanya program diet yang Anda lakukan percuma saja.

Dear Ladies, semoga pilihan di atas ada yang cocok untuk memulai hari besejarah ini dengan berdiet, diet untuk sehat, untuk kesehatan  diri sendiri. Tapi kalau saya sih, minuman kafein masih demikian menggoda. So, bye bye diet.

Jadi lebih suka mana? Dibilang eh kamu kok gemukan atau langsingan? Eaaaa…….

Menjadi cantik berarti menjadi diri Anda sendiri, Anda tidak perlu diterima orang lain, Anda hanya perlu menerima diri sendiri – Thich Nhat Hant

BERIKAN KOMENTAR

POPULER SEPEKAN

Indonesia adalah Negara yang memiliki 659 suku bangsa. Pun beragam dari segi agama dan kepercayaan. Indonesia Plural sejak awal. Realitas...

Pagi ini (Rabu, 27/6/2018) saya lebih bergairah karena Argentina semalam menang. Bahkan siaran ulang pagi tadi masih kunikmati kembali gol...

Setiap tanggal 1 Juni, ingatan kita terlintas visual seekor burung garuda bernama Garuda Pancasila, mengenakan perisai di dada yang berisi...

Publik dibuat terkejut ketika majalah pers mahasiswa Lentera Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga ditarik peredaraannya oleh rektorat dan polisi pada...

Sang Penari adalah film yang disutradarai oleh Ifa Isfansyah, dirilis pada 10 November 2011. Film berdurasi 111 menit ini terinspirasi...