Ngabuburit Forum Alumni Aktivis Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (FAA PPMI): Cerita Masa Pandemi

132

Sejak didirikan pada 1992, Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) telah menjadi organisasi yang menghimpun ratusan lembaga pers mahasiswa dari berbagai kampus seluruh Indonesia. Saat ini PPMI telah melahirkan ribuan alumni yang tersebar ke berbagai lembaga dan menekuni bermacam profesi.

Dari ibu rumah tangga, dosen, peneliti, politisi, pengusaha, hingga jurnalis. Meski demikian, idealisme dan semangat berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara tetap terjaga.
Pada 24 Januari 2015 lalu para alumni pegiat PPMI berkumpul di Pancoran, Jakarta Selatan.

Berangkat dari niat untuk bersatu memberikan sumbangan positif bagi negeri, kami, para mantan aktivis pers mahasiswa saat itu menggagas dan mendeklarasikan berdirinya Forum Alumni Aktivis Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (FAA PPMI). FAA PPMI merupakan perwujudan dari sebuah gagasan tentang wadah bersama yang mampu menampung beragam pemikiran para alumni PPMI, sekaligus iktiar menciptakan tatanan republik yang lebih baik.

Dalam perjalanannya, cukup banyak hal dilakukan FAA PPMI. Memanfaatkan sumber daya profesional yang berlimpah, FAA PPMI membuat program kerja nyata untuk memberikan sumbangsih pemikiran terkait berbagai isu maupun persoalan bangsa. Salah satu bentuknya adalah diskusi publik yang diadakan secara rutin.

Diskusi publik FAA PPMI selalu mengangkat tema berdasarkan isu-isu penting dan terkini dengan melibatkan anggota FAA PPMI serta berbagai pemangku kepentingan. Dengan memanfaatkan banyaknya anggota FAA PPMI yang tersebar di berbagai media massa, hasil diskusi FAA PPMI selalu mewarnai berita di televisi, radio, online, dan media cetak nasional maupun lokal.

Sehingga setiap acara diskusi melahirkan tawaran solusi kongkrit bagi setiap persoalan sekaligus mampu membangun opini publik dan pembuat kebijakan.

Untuk memperkuat jalinan solidaritas sekaligus, memantapkan orientasi organisasi dan agar tetap produktif di masa Pandemi Covid-19, FAA PPMI menggelar diskusi berseri yang bertepatan dengan bulan Ramadan Ngabuburit FAA bertema “Cerita Masa Pandemi”

Acara dikemas dalam bentuk diskusi Live yang melibatkan Narasumber dan Host dari alumni FAA melalui platform Instagram @alumnippmi.official. Diskusi yang berlangsung kasual formal ini akan menghadirkan kisah dan gagasan para narasumber menghadapi masa Pandemi. Mulai dari relawan, pengusaha, pengajar, peneliti, pekerja media, dan lain sebagainya.

Diharapkan melalui diskusi ini bisa memberikan insight yang bermanfaat bagi segenap alumni yang tersebar di berbagai daerah meski tidak bisa bertemu secara langsung karena physical distancing.

Pelaksanaan Ngabuburit FAA

Hari/ Tanggal : Periode 3 -21 Mei 2020
Pukul : 15.00 – 16.00 dan 20.00 – 21.00 WIB
Platform: Instagram @alumnippmi.official

Jadwal dan Materi Ngabuburit FAA (Terlampir dalam gambar)

BERIKAN KOMENTAR

POPULER SEPEKAN

Membaca film Tilik dengan kacamata masyarakat urban atau perspektif gender belaka sangat tidak fair. Sebagai anak desa asal Pekalongan, film...

Sang Penari adalah film yang disutradarai oleh Ifa Isfansyah, dirilis pada 10 November 2011. Film berdurasi 111 menit ini terinspirasi...

Tahun lalu 2015 adalah tahun pertama saya mulai rutin olah raga berlari. Sebeneranya memilih olah raga lari ini bukan keinginan sendiri,...

Perempuan selalu punya cara untuk melawan dan memperjuangkan haknya. Begitulah kira-kira kata yang ada di kepala saya saat menonton film...

"Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah” Ki Hajar Dewantara